Alumni SMK Binaan Pertamina Lubricants Berhasil Raup Omzet 500 Juta dari Usaha Bengkel

  • Whatsapp
banner 468x60

Enduro Student Program (ESP) yang digagas oleh Pertamina pada tahun 2020, telah berhasil membina 113 tenaga muda alumni SMK hingga berhasil membuka bengkel di 64 lokasi. Program tersebut membuahkan omzet yang cukup menakjubkan.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Alumni SMK tersebut berhasil meraup penjualan hingga lebih dari 500 juta rupiah. Omzet tersebut diperoleh dari layanan jasa bengkel dan penjualan produk yang mencapai 14.259 unit. 

ESP sendiri merupakan CSR yang dilakukan Pertamina melalui anak usahanya PT Pertamina Lubricants yang berfokus pada pendidikan dan pelatihan di bidang otomotif dan perbengkelan roda dua serta kewirausahaan bagi siswa atau alumni SMK. 

Pada program tersebut, peserta diberikan pelatihan yang membangun karakter serta kreativitas, praktik kerja, dan mentorship mengenai perbengkelan. Selian itu juga pelatihan kewirausahaan dan pendampingan usaha. Tujuan dari ESP ini yaitu mencetak wirausaha tenaga muda produktif di bidang otomotif, khususnya perbengkelan roda dua.

“Kami berharap para entrepreneur muda dapat merasakan dinamika usaha bengkel dan terus menggali ilmu untuk mengembangkan bisnisnya hingga maju dan mandiri,” ujar Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto dalam keterangan resmi perusahaan, 14 Maret 2021.

Selain ESP, Pertamina juga menyelenggarakan program CSR lainnya yang menyasar profesi yang berbeda. Dua di antaranya adalah Pertamina Sahabat Nelayan dan Enduro Sahabat Lapas.

Program pertama tentunya ditujukan untuk para nelayan. Mereka dibina untuk menjadi wirausaha melalui bengkel nelayan. Sementara program kedua merupakan kegiatan pembinaan di lapas dalam bentuk pelatihan otomotif dan pembangunan Bengkel Enduro Express.

Baca juga: Selama Satu Minggu, Transaksi PaDi UMKM Mencapai 3,2 Miliar Rupiah

Source link

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *