BMKG prakirakan potensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia

  • Whatsapp
banner 468x60

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat yang dapat terjadi di beberapa wilayah Indonesia seperti di daerah Pulau Sumatera dan Kalimatan.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Dalam peringatan dini cuaca yang dikutip dari situs BMKG dari Jakarta pada Sabtu, BMKG memprakirakan hujan lebat disertai angin dan kilat dapat terjadi di Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung dan Banten.

Situasi serupa berpotensi terjadi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sementara menurut BMKG wilayah yang dapat mengalami hujan dengan intensitas lebih ringan pada hari ini adalah Kepulauan Bangka Belitung, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan.

Baca juga: Ingin jadi lembaga kelas dunia, BMKG jalin kerja sama dengan NOAA

Terkait hujan lebat di beberapa wilayah Nusantara, BMKG mengingatkan adanya potensi banjir bandang dengan provinsi seperti Kepulauan Riau, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan masuk dalam kategori waspada.

Waspada banjir akibat cuaca hari ini juga diberikan untuk beberapa wilayah di provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sementara untuk wilayah ibu kota Jakarta diprakirakan akan mengalami cuaca cerah berawan di sepanjang hari dengan hanya Jakarta Selatan yang berpotensi mengalami hujan ringan pada siang hari ini.

 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Source link

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *