Kaltim diprakirakan alami hujan lebat disertai petir pada Rabu-Kamis

  • Whatsapp
banner 468x60

Kawasan yang diprakirakan hujan lebat dan hujan petir seperti di Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Berau

Bacaan Lainnya

banner 300250

Balikpapan (ANTARA) – Sejumlah kawasan di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada Rabu-Kamis (24-25/11) pukul 08.00 – 08.00 Wita diprakirakan mengalami hujan lebat disertai petir sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap kemungkinan dampaknya.

“Kawasan yang diprakirakan hujan lebat dan hujan petir seperti di Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Berau,” kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Selasa

Rinciannya adalah pada Rabu pukul 08.00 Wita hujan lebat  dan hujan disertai petir terjadi di Kecamatan Linggang Bigung dan Long Iram. Pukul 14 di Kecamatan Damai, dan pukul 17.00 hujan lebat dan hujan disertai petir terjadi pada 12 kecamatan di Kutai Barat.

Baca juga: BPBD Kapuas Hulu: Tinggi banjir di Selimbau dan Batang Lupar meningkat

Rincian 12 kecamatan itu adalah hujan lebat terjadi pada 7 kecamatan, yakni Sendawar, Melak, Barong Tongkok, Mook Manaar Bulatn, Nyuatan, Sekolaq Darat, dan Tering. Kemudian hujan disertai petir di 5 kecamatan, yakni Muara Pahu, Jempang, Muara Lawa, Penyinggahan, dan Kecamatan Damai.

Untuk Kabupaten Berau, lanjutnya, hujan lebat diprakirakan terjadi pada Rabu pukul 08.00 Wita di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Tabalar, Biatan, dan Kecamatan Talisayan.

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan disertai petir di NTT sepekan ke depan

Kemudian hujan disertai petir terjadi pukul 11.00 Wita di Kecamatan Tanjung Redeb, Pulau Derawan, Gunung Tabur, Sambaliung, dan Teluk Bayur. Pukul 14.00 hujan petir di Kecamatan Kelay dan Segah.

Ia melanjutkan di Kabupaten Kutai Kartanegara, hujan petir diprakirakan terjadi pada Rabu, pukul 08.00 WIB di Kecamatan Sebulu, Tabang, Kota Bangun, Muara Kaman. Pukul 11.00 terjadi di Kecamatan Tenggarong Seberang.

Baca juga: BMKG: Sejumlah daerah di Indonesia berpotensi hujan ringan

Pukul 14.00 hujan petir di Kecamatan Tenggarong, Tabang, Loa Kulu, Sanga-Sanga. Pukul 17.00 di Kecamatan Muara Muntai, Kenohan, dan Kecaman Muara Wis.

“Pukul 20.00 hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Tenggarong, Sebulu, Kota Bangun, Loa Kulu, dan Kecamatan Muara Kaman. Suhu berkisar antara 23-30 derajat Celsius dengan kecepatan angin sekitar 10 km per jam,” ucap Diyan.

Baca juga: Sejumlah wilayah di Kota Pekalongan dilanda banjir

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Source link

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *