Kominfo buka DEWG G20 ketiga di Labuan Bajo

  • Whatsapp
banner 468x60

mengingatkan kembali masa kecil saya di pulau ini,

Bacaan Lainnya

banner 300250

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan pertemuan ketiga Digital Economy Working Group (DEWG) G20 yang kali ini diadakan pertemuan fisik di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

“Selamat datang di Labuan Bajo, atau orang lokal mengatakan ‘Tabe Mai Ceng’go’ Labuan Bajo. Labuan Bajo yang terletak di sebelah barat rumah saya, mengingatkan kembali masa kecil saya di pulau ini,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, dalam siaran pers, Rabu.

Pertemuan ini dihadiri langsung secara fisik oleh delegasi dari 17 negara, sementara tiga negara hadir secara virtual.

Selain delegasi dari negara anggota G20, hadir juga dalam pertemuan tersebut perwakilan dari negara-negara undangan antara lain Belanda, Singapura dan Spanyol. Sidang DEWG ketiga juga dihadiri oleh National Knowledge Partner antara lain Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran dan Universitas Gadjah Mada.

Mitra global, Global Knowledge Partner yang hadir ke Labuan Bajo adalah perwakilan dari International Telecommunication Union (ITU), United Nations Economic and Social Commissions for Asia and the Pacific (UN ESCAP), United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), dan Organisation for Economic Co- operation and Development (OECD).

Menteri Johnny mengapresiasi kehadiran fisik para delegasi ke DEWG di Labuan Bajo, yang dijadwalkan berlangsung pada 20-21 Juli.

“Suatu kehormatan bagi saya untuk dapat menyambut Anda semua hari ini dalam 3rd Digital Economy Working Group,” kata Johnny.

Dalam sambutan acara tersebut, Johnny menyatakan Presidensi G20 merupakan kehormatan bagi bangsa Indonesia. Melalui perannya ini, Indonesia memfasilitasi dan mendorong kemajuan diskusi antarpemangku kepentingan baik publik dan privat mengenai beragam isu transformasi digital global.

“Pertemuan Kelompok Kerja Ekonomi Digital sejauh ini sangat produktif. Saya sangat menghargai semua upaya dari para delegasi yang berada di sini secara fisik hari ini maupun bagi mereka yang bergabung secara virtual,” kata Johnny.

Pembukaan DEWG Labuan Bajo juga dihadiri oleh Chair DEWG G20 sekaligus Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Mira Tayyiba dan Alternate Chair DEWG (Staf Khusus Menkominfo Bidang Kebijakan Digital dan Pengembangan SDM) Dedy Permadi.

Inspektur Jenderal Kominfo, Doddy Setiadi; Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Usman Kansong; Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Hary Budiarto; dan Staf Ahli Menkominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, Widodo Muktiyo juga hadir di acara tersebut.

Baca juga: Menkominfo RI sebut pentingnya membangun infrastruktur hilir digital

Baca juga: Indonesia berkomitmen genapi pembangunan berkelanjutan secara merata

Baca juga: Kominfo harap isu digital G20 dapat dipahami masyarakat

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Source link

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *