Telkom Dukung PERPAMSI Wujudkan Digitalisasi PDAM di Seluruh Indonesia

  • Whatsapp
banner 468x60

PT Telkom Indonesia Tbk bekerja sama dengan PDAM Kabupaten Bandung dalam pemanfaatan digitalisasi dalam pengelolaan air. Digitalisasi akan diimplementasikan melalui sistem billing terintegrasi, basis data yang terpusat dan dashboard pengelolaan air.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Pada Jumat, 18 September 2020, telah dilakukan uji coba implementasi solusi Smart Metering dari Telkom. Uji coba yang dilakukan di Pusat Pengolahan Air Minum Tirta Raharja, Cipageran, Cimahi, Jawa Barat ini disaksikan oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Edi Witjara, Direksi Perumda Tirta Raharja, dan jajaran pengurus DPP Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI).

“Perumda Tirta Raharja tengah menguji-coba sebuah teknologi Smart Metering berbasis IoT dari Telkom dan hasilnya sangat memuaskan,” ungkap Rudie Kusmayadi, Direktur Utama  PERPAMSI.

Ia oun berharap implementasi tersebut dapat segera dilakukan bukan hanya di Tirta Raharja, tetapi di seliruh PDAM anggota PERPAMSI seluruh Indonesia. 

Di kesempatan yang sama, Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Edi Witjara pun menyampaikan komitmen Telkom untuk mendukung inovasi PERPAMSI. Pihaknya mengaku telah menyiapkan berbagai teknologi terkait Smart Meter.

“Kami telah menyiapkan berbagai solusi Smart Metering yang menggunakan network LoRaWan dan platform Antares, untuk menjamin keandalan solusi tersebut. Bahkan solusi ini juga bisa untuk layanan utilitas lainnya, seperti gas dan listrik,” jelas Edi.

PERPAMSI sendiri merupakan organisasi bagi perusahaan air minum (PDAM) di seluruh Indonesia. Selain perusahaan, PERPAMSI juga  menghimpun badan/lembaga  yang berhubungan erat dengan bidang air minum, seperti Kementerian PUPR, Bappenas, dan lembaga donor untuk PDAM. 

Jumlah PDAM yang tergabung di PERPAMSI saat ini sebanyak 427 PDAM yang tersebar di hampir tiap kota/kabupaten di Indonesia. Sesuai misinya, PERPAMSI mempunyai fungsi strategis dalam mendorong PDAM untuk mewujudkan kinerja yang unggul.

Melalui kerja sama dengan Telkom diharapkan PDAM menjadi lebih efisien, maju, dan modern. Digitalisasi nantinya melahirkan layanan berbasis connectivity, managed solution seperti smart meter, leak detector system, pencegahan fraud, monitoring kualitas air maupun command center yang mampu mendorong PDAM menjadi lebih efisien, maju, dan modern.

Baca juga: Fajrin Rasyid Bicara Soal Pesaing Telkom, Bagaimana Menghadapinya?

Source link

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *